Konsep Dasar Dalam Marketing Online untuk Bisnis

Marketing online merupakan cara pemasaran online suatu produk atau jasa menggunakan media digital. Untuk menarik konsumen, pelaku usaha bisa memasarkan dagangan menggunakan media sosial, website, iklan online, blog, dan platform online lainnya. Promosi menggunakan media digital menjadi cara paling efektif di tengah tingginya penggunaan masyarakat akan internet.

Pemasaran secara online tentu berbeda dengan cara tradisional. Dengan cara tradisional biaya pemasaran produk tergolong mahal jika dibandingkan secara daring. Dengan memasarkan produk atau jasa secara online sangat membantu para pengusaha UMKM dalam merintis bisnis mereka. Berikut adalah beberapa konsep dasar dalam melakukan marketing online.

Produk Berkualitas Menjadi Kunci Kesuksesan Pemasaran

Menjajakan produk berkualitas harus dijadikan komitmen demi menjaga kepuasan pelanggan. Ini menjadi hal terpenting. Jangan memberikan informasi yang tidak sesuai dengan deskripsi atau kondisi barang/ jasa yang Anda jual. Meskipun dengan iklan yang bagus dan membuat pelanggan tertarik, hal tersebut tidak akan bertahan lama. Konsep pertama ini harus dipenuhi terlebih dahulu untuk mendapatkan keuntungan yang konsisten.

Membuat Desain Web yang Bagus

Pemasaran produk atau jasa melalui website/ blog harus membuat desain web yang bagus agar menarik pengunjung. Jika situs penjualan terlihat tidak beraturan, maka pengunjung akan kebingungan dan tidak tertarik bahkan justru sebal. Oleh karena itu, buat desain yang sesuai dengan jenis produk/ jasa yang Anda tawarkan.

Anda bisa menyewa jasa pembuatan desain website profesional untuk mendapatkan kepuasan yang dan hasil kunjungan optimal. Semakin banyak visitor, maka akan semakin besar peluang barang dagangan Anda laku.

Konten Website Juga Harus Berkualitas

Selain produk yang terjamin mutunya, Anda harus membuat konten website yang berkualitas juga. Konten menjadi kunci dalam pemasaran online. Isikan konten di website/ blog sesuai dengan kondisi produk atau barang jasa yang Anda tawarkan. Jangan mengisi konten dengan hasil menjiplak/ bajakan. Hal tersebut selain tidak baik, juga bisa berdampak pada hasil penjualan. Lakukan pemotretan produk atau jasa menggunakan jasa fotografer profesional atau secara otodidak namun ditambah dengan sentuhan editing. Hal ini menjadi penting untuk menarik perhatian calon konsumen.

Pahami Faktor Penting Dalam SEO, Relevansi dan Otoritas

Search Engine Optimization (SEO) menjadi konsep yang harus Anda pahami berikutnya dalam marketing online. Pelajari metode optimasi konten, meta deskripsi, internal dan eksternal link, serta tag pada judul. Selain itu, Anda juga harus belajar untuk mencari keyword yang sedang banyak dicari orang di mesin pencarian sesuai dengan tema bisnis Anda.

Konsep dasar pemasaran online tersebut harus Anda pahami dengan baik untuk dijadikan dasar agar sukses dalam marketing secara online. Jika bisnis yang Anda rintis telah berkembang dan sukses, maka mengatur transaksi keuangan menjadi hal penting untuk dilakukan. Agar lebih mudah, cepat, dan efisien dalam mengelolanya, gunakan aplikasi transaksi keuangan BukuKas. Unduh secara gratis melalui Play Store atau App Store.

Author: karim6000