SehatQ.com, Akses Infomarsi Tindakan Kesehatan yang Lengkap

Informasi tentang kesehatan juga penting sekali sebagai sebuah bentuk wawasan untuk masyarakat. Di era digital seperti saat ini, ada banyak sekali platform kesehatan yang bisa diakses melalui gadget, salah satunya adalah SehatQ.com. Tinggal klik, Anda akan menemukan apapun yang Anda cari berkaitan dengan kesehatan.

Informasi Tindakan Medis yang Lengkap

Platform kesehatan digital adalah satu jalan untuk bisa mendapatkan informasi-informasi akurat tentang kesehatan. Melalui SehatQ.com, Anda bisa mendapatkan banyak sekali informasi, mulai dari info rumah sakit, informasi obat, konsultasi dengan dokter, dan juga tindakan medis. Disini Anda juga akan menemukan berbagai macam tindakan medis, berikut adalah diantaranya.

1. Test CRP

Pertama tentang Tes C-Reactive atau yang disingkat dengan tes CRP. Test ini dilakukan untuk mengetahui kadar protein C-reaktif dalam darah. Adanya kadar protein di dalam dapat diartikan dengan adanya peradangan dalam tubuh. Peningkatan kadar protein C-reaktif ini diakibatkan oleh adanya inflamasi atau peradangan sebagai bentuk respon dari tubuh.

Tes ini diperlukan untuk mencari tahu atau memantau kondisi penyebab dari peradangan. Kondisi tersebut diantaranya adalah seperti infeksi bakteri, sepsis (komplikasi berbahaya dari suatu infeksi), infeksi jamur, penyakit autoimun (lupus dan rematik), kanker dan lain sebagainya. Protein yang diukur pada tes ini adalah hs-CRP atau high sensitivity CRP.

Bagi orang yang mengalami demam, menggigil, napas cepat, denyut jantung cepat, mual dan disertai muntah mungkin bisa langsung melakukan pemeriksaan CRP. Beberapa gangguan tersebut merupakan tanda adanya infeksi yang terjadi dalam tubuh. Selain itu, test ini juga berguna untuk mengetahui efektivitas pengobatan.

2. Perawatan Luka Bakar

Kedua tentang perawatan luka bakar. Tindakan medis yang satu dilakukan untuk memeriksa kondisi dari luka tersebut. Perawatan dilakukan dengan cara melakukan penjagaan terhadap kebersihannya. Hal tersebut dikarenakan, luka bakar sangat rawan terkena infeksi bakteri atau kuman.

Perawatan juga dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi rasa nyeri yang diakibatkannya. Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan ulang sebagai bentuk antisipasi adanya infeksi dan juga dampak jangka panjang lainnya. Di SehatQ.com, Anda akan menemukan secara rinci bagaimana perawatan luka bakar yang tepat agar tidak sampai terjadi infeksi yang parah.

3. Endoskopi THT

Selanjutnya adalah tentang kesehatan telinga, hidung dan tenggorokan (THT). Endoskopi merupakan salah satu teknologi baru yang hanya menggunakan kamera untuk melakukan diagnosis. Teknologi ini sudah meninggalkan cara lama yaitu bedah, sehingga sudah tidak butuh lagi yang namanya pisau bedah dan meja operasi.

Pada awalnya, metode pemeriksaan menggunakan endoskopi hanya dilakukan pada usus besar dan lambung. Sekarang, teknologi sudah dikembangkan sehingga bisa digunakan juga untuk memeriksa telinga, hidung dan tenggorokkan. Pemeriksaan ini penting untuk dilakukan saat terjadi beberapa gejala.

Beberapa gejala yang memerlukan pemeriksaan endoskopi diantaranya adalah hidung tersumbat, telinga berdenging, suara berubah, nyeri tenggorokan, mimisan, penurunan pendengaran. Ketika mengalami gangguan seperti yang telah disebutkan, mungkin saja ada yang salah dengan salah satu organ.

Pemeriksaan ini juga dijadikan sebagai alat diagnosis dan terapi. Dengan alat ini, dokter bisa mengetahui bagaimana keadaan organ dalam. Hal tersebut dilakukan karena endoskop dilengkapi dengan kamera pada bagian ujung dan terhubung dengan sebuah layar.

Selain tiga informasi tentang tindakan medis diatas, SehatQ.com juga masih banyak informasi lainya. Jadi, disini Anda bisa menggali informasi yang Anda butuhkan, misalnya seperti informasi tentang tes CRP, atau tindakan medis lainnya. Anda juga melakukan tanya jawab dengan dokter secara gratis.

Author: karim6000