Hindari 5 Hal Ini Agar Gejala Lupus Tak Semakin Parah

Lupus yang merupakan penyakit autoimun, menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang organ dan jaringan dalam tubuh itu sendiri. Sampai saat ini, masih belum ada obat yang bisa menyembuhkan total seseorang dari penyakit lupus. Hanya treatment yang dilakukan, agar gejala lupus tak makin parah. Jika Anda menderita lupus, pastikan Anda menghindari 5 hal berikut ini.

  1. Beraktivitas di Luar Ruangan Tanpa Menggunakan Sunscreen

Paparan langsung cahaya matahari merupakan salah satu musuh terbesar penderita lupus. Sinar ultraviolet yang mengenai kulit penderita lupus, akan memicu munculnya ruam kemerahan terutama di bagian wajah. Makanya, penderita lupus sangat dianjurkan untuk melindungi diri sedemikian rupa dengan menggunakan pakaian tertutup serta mengoleskan sunscreen pada tubuh.

Sunscreen yang dianjurkan untuk digunakan oleh penderita lupus adalah yang memiliki SPF 70 ke atas. Selain itu, gunakan juga sunscreen yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Oleskan sunscreen ke seluruh tubuh, bahkan yang telah tertutupi oleh pakaian sekali pun. Terakhir, jangan lupa juga untuk menggunakan topi, sebagai pelindung kepala dari paparan sinar matahari.

  1. Pengonsumsian Makanan Tertentu

Tak semua makanan baik dikonsumsi oleh penderita lupus, jadi pengaturan pola makan akan sangat berpengaruh bagi kesehatannya. Jika Anda menderita lupus, baiknya Anda ketahui dengan baik jenis makanan apa saja yang bisa memperparah gejala lupus. Penderita lupus umumnya tak disarankan untuk mengonsumsi daging, processed foods, bawang putih, dan juga garam berlebihan.

  1. Merokok

Dalam kondisi normal saja, kebiasaan merokok sangat tak dianjurkan apalagi dalam kondisi tubuh yang menderita lupus. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko penderita lupus terkena penyakit jantung, serta kemungkinan mengidap penyakit kardiovaskular lainnya. Oleh sebab itu, jika Anda didiagnosa menderita lupus, maka hentikan sesegera mungkin kebiasaan merokok tersebut.

  1. Stres

Stres yang berlebihan berisiko membuat daya tahan tubuh jadi makin menurun. Kondisi tubuh pun akan makin memburuk, jika Anda mengalami stres dalam keadaan menderita penyakit lupus. Jangan biarkan stres merundung diri Anda. Pelajari cara untuk menenangkan diri, misalnya dengan melakukan meditasi, yoga, atau aktivitas lain untuk menghindarkan diri dari stres.

  1. Begadang

Penderita lupus sangat disarankan untuk tidur dengan cukup, agar gejala penyakitnya tak semakin memburuk. Oleh sebab itu, jangan sesekali Anda begadang terutama setelah didiagnosa menderita penyakit ini. Orang dewasa misalnya, dianjurkan untuk tidur selama 7 hingga 9 jam setiap harinya. Waktu tidur yang cukup juga akan membuat tubuh terasa lebih fit, walau tengah menderita lupus.

Saat menderita lupus, maka kesehatan organ tubuh sangat riskan mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, diperlukan pola khusus untuk menjaganya, agar kualitas hidup para penderita lupus tetap bisa meningkat. Jika tak menginginkan gejala lupus memburuk, maka sebisa mungkin hindarilah beberapa hal atau kebiasaan tertentu, seperti 5 hal yang dipaparkan di atas.

Author: karim6000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *